people

Why Thirteen?

13 alias thirteen atau tigabelas..

let me guess...
pasti ada satu kata dalam benak kalian sekarang..
angka SIAL..

benarkah itu???
(sampai saat ini saya masih mengkajinya)..

nah..
apa yang mengarahkan pandangan saya ke fenomena ini dan akhirnya membangunkan rasa penasaran saya untuk mengkaji lebih dalam tentang ini adalah..
banyaknya artikel2 yang saya baca di koran, majalah, sampai situs2 serta forum2 tentang aroma mistis yang melekat pada angka ini yang akhirnya diperkuat oleh fenomena2 mistis angka ini yang saya temukan sendiri di lingkungan sekitar saya...
contoh:
ade' saya pernah dirawat di salah satu rumah sakit swasta di makassar yang ternyata tidak memiliki kamar 13, padahal RS ini memiliki lebih dari 13 kamar rawat inap..

saya pernah berkunjung ke salah satu hotel berbintang di makassar yang anehnya(at least menurut saya) tidak memiliki lantai 13, yang ada hanya lantai 12 yang langsung 'lompat' ke lantai 14 (saya menyadarinya pada saat saya di dalam lift menuju lantai 16)..

bahkan perusahaan sekelas microsoft yang saat ini telah mengeluarkan microsoft 12 (mo 2007) kabarnya tidak akan merilis microsoft office 13 melainkan langsung ke microsoft office 14..
(ini saya dapat dari salah satu situs di internet)

sekali lagi saya tegaskan saya menulis ini semua bukan karena saya percaya kalo angka 13 itu angka sial tapi hanya karena saya sedikit tertarik dengan fenomena ini..
makanya saya mengkajinya..

the next Question is why must 13????
kenapa 13???
kenapa bukan 3, 6, 9 atau mungkin angka2 yg lainnya???
(sampai sekarang saya masih belum tau jawabannya)

tapi yang saya tau sebagian besar masyarakat terutama di belahan dunia bagian barat..
sangat meyakini bahwa angka 13 itu merupakan angka sial, angka setan, ataupun angka yg berkaitan dengan hal2 yang dapat menjauhkan mereka dari keberuntungan..
dan fenomena ini pun merambah ke belahan dunia bagian timur termasuk negara kita tercinta yang notebene masih memegang teguh prinsip ketuhanan..
bahwa tuhanlah satu2nya tempat kita berserah diri dari segala yang kita alami, (sial atau beruntung!!!)

“Ketahuilah, sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan dari Allah, akan tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui” (QS: Al A’raaf: 13)
*perhatikan ayat dari surah ini...*

banyak yang percaya dan meyakininya...
tapi ada juga yang biasa2 saja menyikapinya..

saya termasuk kedalam orang yang tidak percaya dan tidak meyakininya tapi tidak juga biasa2 saja menyikapinya...

0 komentar:

Posting Komentar